Untukmu Ukhti Muslimah.. @]-'---


Bismillah.
Indonesia adalah negara yang penduduknya mayoritas muslim, bahkan terbanyak sedunia. Dengan jumlah muslim terbesar sedunia tersebut sudah seharusnya penduduk muslim tersebut juga menerapkan ajaran-ajaran islam, salah satunya adalah jilbab bagi para muslimah.

Jilbab hakikatnya adalah sebuah kain longgar yang menutupi daerah aurat, baik itu badan, rambut, hingga kaki, sehingga jadi jilbab terdiri dari: pakaian longgar yang menutup tubuh termasuk lengan tangan dan betis, hijab untuk menutup rambut dan kepala, serta alas kaki dan kaus kaki. Kenapa kaki? karena kaki itu termasuk aurat wanita. Itulah kebanyakan orang di negara kita ini menyebut jilbab sebagai penutup kepala, padahal kenyataannya tidak. Di dalam Al Qur'an Allah memerintahkan para wanita agar mengulurkan jilbab ke SELURUH TUBUH mereka. Sebagian ulama berpendapat bahwa seluruh tubuh itu kecuali tapak tangan dan wajah, dan sebagian lain semua tubuh wanita termasuk wajah dan telapak tangan. Jadi jelas kan? jilbab itu bermakna PENUTUP TUBUH WANITA, termasuk kaki!. Secara detil busana muslimah memiliki ciri sebagai berikut, ini berlaku untuk pakaian, hijab, dan kaus kaki:

  1. tidak tipis dan transparan
  2. longgar
  3. menutup tubuh dengan sempurna
  4. tidak terlalu banyak ornamen atau motif
  5. tidak digunakan untuk pamer/tabarruj!

Sebagai tambahan, kaus kaki sebaiknya menutup dari ujung jari kaki hingga betis. Kenapa? karena sekarang banyak muslimah berjilbab yang bisa mengendarai kendaraan bermotor sehingga seringkali mengangkat kakinya, jadi jika kaus kakinya pendek bagian ke betis terlihat. Selain kaus kaki, bagi muslimah juga sebaiknya wajib menggunakan celana panjang dalaman, bisa legging atau celana biasa. Legging atau celana panjang dalaman sejatinya dipakai agar para muslimah lebih nyaman jika sedang memakai rok, plus untuk keamanan juga. Tambahan untuk hijab, sebaiknya hijab itu menutup daerah dada sampai paha, kenapa? ini untuk menutupi daerah-daerah yang 'menonjol' seperti dada dan (maaf) bokong.

Sebaiknya kita harus mulai mengubah mind set, bahwa kita berbusana agar mendapat ridho Allah dengan memakai pakaian syar'i (sesuai syari'ah) yang bermanfaat untuk diri kita, karena dengan berjilbab yang baik dan benar kita telah menyelamatkan mata-mata para lelaki hidung belang dan yang mata keranjang. Selain itu dengan memakai hijab juga dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit, karena dapat melindungi rambut dan kulit dari terpaan sinar matahari secara langsung. Oke, itu aja pembahasan tentang jilbab kali ini, terimakasih sudah mau membaca sampai habis. Semoga bacaan ini bermanfaat buat para muslimah yang masih belum 'ngeh' betapa penting menutup auratnya, atau ada yang udah tahu tapi pura-pura tidak tahu dengan alasan 'belum ada hidayah', ketahuilah bahwa hidayah itu bukan ditunggu tapi digapai. Tinggal pilih: mau ikut trend busana dunia yang sejatinya tidak akan pernah ada habisnya? atau ikut perintah Allah dalam Al Qur'an, trend busana abadi yang aman, menyehatkan dan juga berpahala? #think #ayoberubah

Alhamdulillah.
Selesai di-update di Balikpapan 10:24 WITA
4 Rajab 1436 (23/04/2015)





0 komentar:

Posting Komentar