Huru-hara PKL

Berhubung saya merupakan mahasiswi S1 kimia maka dalam menjalani pendidikan pasti akan melalui sebuah program PKL (Praktik Kerja Lapangan). PKL dilangsungkan pada liburan semester genap, dan itu berarti tahun depan saya akan mengalaminya, dan alhamduliLLAH saya diterima untuk PKL di PT.Badak NGL Bontang Kalimantan Timur. 

Proses pengajuan PKL dikampus tidak dapat dikatakan mudah, karena saya PKL seorang diri jadi harus ekstra semangat untuk menjalaninya. Pengajuan PKL dimulai dari pengajuan proposal ke fakultas, yang sebelumnya telah di koreksi dengan dosen pembimbing PKL. Untungnya tidak ada revisi, jadi setelah berhasil mendapatkan ridho berupa tanda tangan dari dosen pembimbing PKL, selanjutnya adalah mendapatkan tandatangan ketua jurusan untuk proposal dan surat pengantar PKL, baru setelah itu saya bisa mengajukan proposal dan surat pengantake fakultas. Proses tersebut memakan waktu -+ 1 minggu karena sulitnya mengatur pertemuan. Sesampainya di fakultas proposal dibiarkan 'menginap' disana dan 3 hari kemudian saya mendapatkan surat pengantar PKL dan proposal. Surat pengantar PKL yang asli harus dikopi sebanyak tembusan yang tercantum di surat pengantar PKL tadi, yang kemudian di stampel dan dikumpulkan ke masing-masing tembusan. Setelah melalui proses yang panjang itu akhirnya saya bisa mengirimnya via kantor pos yang ada di kampus. Terdapat insiden dalam surat dan surat pengantar, sehingga membuat hati sedikit pesimis, namun saya tetap 'bismillah' kemudian mengirimnya.

Proposal -+ 30 menit sebelum dikirim
Setelah sebulan lebih akhirnya surat permohonan PKL saya dibalas dan jawabannya adalah: diterima! Dan taukah?, surat yang ditujukan atas nama saya yang terdiri dari 4 lembar tersebut ditempel di papan informasi di jurusan! Betapa kagetnya saya. Itupun dengan pemberitahuan teman saya. Seandainya teman saya itu tidak memberi tahu mungkin saya ya tidak akan pernah tahu. Terimakasih sebesar-besarnya untuk Nining Sulistyowati :)

Apakah perjalanan pengajuan PKL sudah selesai sampai disini? tampaknya tidak, karena saya teringat bagan di handout seminar PKL yang menyebutkan bahwa ketika sudah diterima oleh perusahaan tempat PKL maka selanjutnya melakukan registrasi ke fakultas.  Oke, it's easy. Tapi berhubung waktunya kebetulan sedang masa-masa UAS jadi akan saya lakukan ketika ada waktu renggang, yaitu besok setelah UAS kimia organik III. Semoga registrasi itu tidak terlalu membuat 'huru-hara' :P

Oke segitu aja yang ingin saya sampaikan mengenai teknis pengajuan PKL yang lumayan menguras pikiran dan tenaga. Kira-kira seperti apakah sepak terjang saya di PT.Badak? semoga bisa sedikit banyak membantu perusahaan, karena saya disana juga akan mendapatkan BAANYAK ilmu dan pengalaman, kan lebih baik jika bertimbal balik. Yoosh!, semoga PKL saya tahun depan bisa berlangsung lancar, aman, dan juga sukses, amin! salam :)

0 komentar:

Posting Komentar