Menjelang PKL: Kuatkan Hati

Kali ini saya akan membahas tentang PKL(lagi). Kali ini bukan termasuk 'huru hara' karena pada dasarnya bukan sesuatu yang menguras pikiran dan tenaga, tapi cukup dengan dari mendengar kabar saja. Oke, langsung kita mulai. Kemarin ketika saya dan ibu saya mengumpulkan berkas lanjutan registrasi PKL disana kami mampir sejenak di bagian humas PT. Badak untuk menanyakan beasiswa tugas akhir mahasiswa. Dari sana saya mendapatkan info selain mengenai teknis pengajuan beasiswa, saya juga mendapat berita yang mengejutkan, yaitu teman SMP saya dulu yaitu Ika Bonita ternyata beberapa bulan yang lalu juga PKL perusahaan ini. FYI, beliau adalah mahasiswi S1 Kimia UGM. Kami sebenarnya satu angkatan, namun karena saya terlambat kuliah 1 tahun dikarenakan saya bersekolah SMK Kimia Analis selama 4 tahun, jadilah saya baru melangsungkan PKL tahun 2013, berbeda dengan beliau. Dari sana saya mulai mencari info tentang serba serbi PKL di PT. Badak NGL.

Pagi itu saya SMSan dengan beliau dan saya bertanya cukup banyak, inti dari keterangannya kira-kira begini: kalau sudah ada disana jangan kaget sama orang-orangnya, awalnya terlihat cuek dan jutek, tapi nanti juga jadi biasa. Selain itu nanti mahasiswa/i PKL diharuskan presentasi. Dan berhubung beliau PKL sendiri(sama seperti saya) maka saya bisa merasakan bagaimana pressurenya. Tapi saya bisa meredam ketakutan akan hal-hal tadi dengan berpikiran positif, karena setidaknya saya sudah pernah PKL sebanyak dua kali meski waktu itu saya berstatus pelajar tapi saya sedikit banyak sudah mengetahui dan paham bagaimana dunia kerja dan kegiatan mahasiswa magang/PKL disana. Kebetulan saya dulu ketika SMK PKL di 2 perusahaan besar di Kalimantan Timur. Yang pertama adalah PT Pertamina Balikpapan dan yang ke dua di PT. Pupuk Kalimantan Timur yang lokasinya di kota Bontang. Saya sangat excited tentang PT Badak, karena selama saya lahir dan tumbuh besar di Bontang tidak sekalipun saya pernah memasuki area pabrik atau kilangnya. Nah, saya pikir inilah saatnya! Itu yang mendasari mengapa saya ingin sekali PKL ditempat tersebut. Selain itu sistem pendidikan, fasilitas, dan karyawan-karyawannya yang makmur membuat saya kagum. Kembali ke topik, dari pengalaman dua kali PKL itulah yang membuat hati saya lebih tenang, meskipun saya tahu persis bagaimana 'tekanan-tekanan' itu nantinya pasti akan muncul. Tapi toh hal-hal tersebut lah yang akhirnya bisa menjadi pengalaman sekaligus kenangan tak terlupakan. Saya jadi teringat masa-masa PKL saya yang termasuk kategori 'suram' di laboratorium LUK PT. Pupuk Kaltim namun jika ditilik lagi justru bisa menjadi cambuk motivasi untuk saya agar selalu banyak mengasah kemampuan, baik hard skill maupun soft skill

Oke, semoga saja apa yang akan saya alami ketika PKL di Badak nanti akan menjadi kenangan indah, entah indah dalam tanda kutip atau indah dalam arti yang sebenarnya. Haha, wish me luck! Salam ;)

0 komentar:

Posting Komentar