Tentang ‘Strategi Melamar Kerja’

Bismillah. 
Setelah vakum beberapa bulan disebabkan rutinitas dan aktivitas skripsi akhirnya bisa juga nulis lagi. Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh salah satu universitas di Malang. Awalnya saya tidak tahu jika pemateri seminar tersebut adalah perusahaan yang memiliki brand kosmetik Wardah, saya mengetahuinya ketika acara sudah berlangsung. Berikut saya tulis poin-poin penting dari seminar tersebut.

Tipe Pekerja.
Kita dapat meraba termasuk tipe pekerja seperti apakah kita, yaitu: (1) tipe manajerial, yang memiliki motif kekuasaan, pengaruh, kontrol, kompetensi, manajerial dan kepempinan. Ini tipe pekerja yang ingin menjadi boss, (2) tipe generalis, yang bermotif pengembangan karir profesional dan pengembangan diri. Tipe ini lebih suka mencari pengalaman di banyak sektor untuk mengembangkan potensi, (3) tipe spesialis, yakni tipe pekerja yang memiliki motif peningkatan keahlian, misalnya di bidang pendidikan, dan (4) tipe entrepreneurial dimana tipe ini secara rutin berganti jenis pekerjaan.

Curriculum Vitae atau CV.
Secara teknis CV yang baik adalah sebagai berikut: (1) tidak perlu ada kotak/balon dialog, (2) maksimal ditulis dalam 2 halaman, (3) ditulis skill, experience, career history, (4) di awal wajib ditulis nama, no.telpon, email, alamat tempat tinggal, universitas, IPK, (5) cantumkan SMA atau universitas terakhir, TK, SD, SMP tidak perlu, (6) career history dapat ditulis misal PKL atau magang, cukup satu kalimat saja menggambarkan tugas ketika magang di perusahaan, (7) pengalaman berorganisasi, (8) foto harus formal, (8) data yang ditulis harus akurat dan benar, (9) bahasa baik dan positif, dan (10) lakukan tes baca, mintalah 3 rekan untuk membaca, jika rekan kita jelas dalam membaca CV kita itu berarti CV sudah baik dan siap.

Tes tertulis.
Kunci dari tes tertulis adalah: (1) tidur cukup pada malam sebelum tes, (2) sarapan sebelum berangkat (jika tes berlangsung di pagi hari), (3) dengar baik-baik instruksi, (4) ikuti seluruh instruksi dengan baik, (5) berpikir cepat, (6) serius, dan (7) rileks.

Job Interview
Sukses interview: (1) jangan terlambat!, (2) penampilan harus baik dan rapi, (3) berikan senyuman hangat, (4) rileks dan lakukan yang terbaik, (5) fokus dan gunakan kalimat yang efektif, (6) jawablah pertanyaan dengan percaya diri, (7) perbaiki body languages.

Be professional!
  1. Pakaian seperti jilbab (simpel, jangan dililit-lilit), kemeja/blazer (warna netral), dan rok/celana (bahan kain dengan warna gelap) harus bersih, jangan lecek atau kusam
  2. Sepatu kulit (jangan karet atau kain) bersih. Hak sepatu standar 1,5 cm
  3. Kuku, kulit, gigi bersih
  4. Rambut rapi, untuk laki-laki sebaiknya model cepak
  5. Gunakan make up tipis jangan sampai menor
  6. Jam tangan logam, jangan karet
  7. Duduklah dengan tegak, tidak membungkuk
  8. Lihat wajah pewawancara, jangan menunduk
  9. Berjalan dengan rileks, lurus dan berwibawa, jangan berjalan dengan diseret
  10. Bersalaman dengan tegas

Alhamdulillah, itu yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi bekal bagi yang hendak melamar pekerjaan. Terimakasih kepada penyelenggara acara ini atas tips-tipsnya yang sangat bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar