R3 (ArtTree) Project: Green Paper

GREEN PAPER. Yak inilah judul penelitian kami dalam membuat produk dalam matakuliah pilihan Teknologi Kimia yang dibimbing oleh Bapak Ridwan Joharmawan. Ide ini muncul dari banyaknya daun kering yang berserakan di sekitar kampus.

Green Paper ini adalah sebuah karya dari saya, Rina dan I'il teman saya. Kami bertiga ingin membuat bagaimana caranya agar daun-daunan yang berserakan tak berguna itu dapat berubah menjadi sebuah barang yang lebih bermanfaat. Dan tercetuslah ide dari teman kami Rina (yang memang ketika SMK pernah membuat kertas) yakni membuat kertas dari bahan dasar utama daun-daunan kering. Penelitian kami mulai dengan sebuah kegagalan, tapi setelah berulang-ulang mencoba kami pun akhirnya berhasil meskipun pada saat pameran, tapi setidaknya membuat kami lega karena akhirnya bisa juga menghasilkan produk yang diinginkan :D

Pembuatan kertas dari daun-daunan kering ini hampir sama konsepnya dengan pembuatan kertas pada umumnya, yakni membuat pulp/bubur kertas terlebih dahulu, ditambahi pengawet dan lem kemudian dicetak. Bagi yang tertarik ingin mencoba saya akan memaparkan secara singkat prosedur pembuatan Green Paper adalah sebagai berikut:

  1. Daun-daunan kering dipotong kecil-kecil dan dihaluskan dengan blender
  2. Serbuk halus disaring dari pengotor-pengotornya seperti debu dan tanah
  3. Serbuk daun yang bersih dicampur dengan air hangat dan NaOH, diaduk
  4. Ditambah air dan disaring, filtrat sampai bersih dan residu daun diambil
  5. Residu ditambah larutan kental kanji, ekstrak daun sirsak dan garam dapur
  6. Residu berupa adonan diaduk dan tuang ke cetakan kertas/screen sablon
  7. Adonan diratakan dan dijemur dibawah terik matahari hingga keras dan kaku.
  8. Kertas yang sudah jadi dibentuk sesuai keinginan

Kelebihan dari green paper ini antara lain:
  • Ramah lingkungan, karena berasal dari limbah daun kering
  • Kertas mengandung ekstrak daun sirsak yang berfungsi sebagai bahan anti rayap

Bentuk produk green paper ini adalah bisa menjadi figura foto, cover buku, gantungan kunci, hiasan dinding, kertas seni dan juga bros/pin. Tekstur daripada kertas ini juga tergolong unik dan timbul, inilah yang membuat green paper layak diapresiasi.

Kami sangat diajarkan menjadi wirausaha pada matakuliah teknologi kimia ini, bagaimana membuat produk dengan pendekatan kimia sampai dengan memasarkannya. Matakuliah ini terdapat beberapa penilaian, yaitu dari presentasi powerpoint/slide, makalah, poster, video dan pameran. Poster green paper kami adalah sebagai berikut:



Pameran 2 hari terbilang hari sukses, meski hari pertama produk kami baru sedikit, karena kertas lainnya masih dalam tahap pengeringan dibawah sinar matahari. Ini dia gambarnya:



Hari pertama pameran, sepi sangat..hehe
Malemnya langsung ngebut ngerombak kertas yang udah jadi

Diabadikan dulu yee :P

Pameran hari kedua, rame kan?

File powerpoint dan makalah bisa diunggah/download di menu 'lecture' diatas dan video bisa diunduh di sini. Trimakasih atas perhatiannya semoga bermanfaat dan baca postingan lainnya juga ya! Salam ;)

0 komentar:

Posting Komentar