Skill Tiap Profesi di The Sims 2

Liburan tlah berakhir, sedih :( Anyway, kali ini saya akan mereview kegiatan selama ‘liburan’ yang masih bersisa karena terpotong masa-masa PKL. Oke, kegiatan selama liburan kali ini salah satunya adalah bermain game komputer yang mana teman-teman sendiri pasti udah tau dan pernah tau yakni The Sims. Buat yang sama sekali belum pernah dengar, game ini merupakan game simulasi tentang kehidupan, mulai dari orang itu lahir sampai tua. Dan tokoh orang tersebut tentu saja kita yang menjalankan dan mengendalikan. Ya, game ini dapat dikatakan sebagai mainan baju-bajuan jaman baheula 90an tapi yang versi modernnya. Karena keseluruhan bisa dijalankan seperti tidur, makan, bekerja, sekolah, bahkan tingkatan umur bisa meningkat. Jadi bagi orang yang senang menata-nata ataupun merencanakan hidup mungkin game ini bakal jadi favorit. Karena terdapat rasa asyik dalam menata tempat tinggal, memilih pekerjaan, berteman, berkeluarga dan sebagainya. Mungkin bagi beberapa orang hal tersebut biasa saja, tapi tidak sedikit lho yang menyukainya. 
Logo the Sims

Hingga saat ini The Sims sudah diluncurkan sampai versi ke 3, dan ada kabar bahwa tahun depan akan keluar The Sims 4. Dan tentu saja makin tinggi versinya makin canggih dan lengkap kontennya. Dalam menjalankan game ini tentu saja dibutuhkan dana untuk melangsungkan hidup untuk membangun sebuah rumah beserta isinya dan biaya kehidupan seperti makan, sewa pembantu, tukang perbaikan alat, dan tentu saja untuk membayar tagihan atau bill. Untuk itu dalam game ini terdapat sebuah cara mudah atau curang istilahnya yakni dengan menambahkan uang secara otomatis, yakni dengan mengetikkan ctrl + C kemudian klik “motherlode” (untuk the sims 2 dan 3), “klapaucius!;!;!;!;!”  “rosebud!;!;!;!;!” (untuk sims 1) tanpa tanda kutip. Otomatis dana dalam jumlah banyak akan bertambah dengan sendirinya ke dalam keuangan rumah tangga. Selain dengan cara cheating tentu bisa dengan cara manual dan ‘halal’ yakni dengan bekerja disuatu tempat, ada banyak pilihan profesi seperti militer, polisi, atlet, dokter, penulis, bisnis, artis, koki, bahkan penjahat. Gaji dibayarkan setiap kali jam kerja habis dan masing-masing nominal untuk profesi-profesi tersebut berbeda-beda, contohnya The Sims 3 pekerjaan paling tinggi gajinya adalah atlet. Dan baru-baru ini saya melakukan sebuah misi untuk mencapai posisi tertinggi pada semua profesi dan memenuhi kehidupan tanpa menggunakan cheating sekalipun, dan taraa I can do that! Dan untuk mencapai posisi puncak dalam sebuah profesi dibutuhkan skill tertentu dimana hal itu harus dipenuhi. Dan dari hasil survei yang saya lakukan pada the Sims 2 skill yang dibutuhkan untuk masing-masing profesi adalah sebagai berikut:

Dokter : cleaning, mechanical, logic 
Politik : charisma, logic, creativity 
Bisnis : charisma, creativity, logic 
Polisi : body, logic, cleaning 
Slacker : mechanical, charisma, creativity 
Burglar : mechanical, body, creativity 
Kuliner : creativity, logic, cooking 
Atletik : body, charisma, mechanical 
Sains : cooking, cleaning, logic 
Militer : body, charisma, mechanical 

Selain skill yang wajib diperlukan adalah adanya friend atau teman. Dan perlu diketahui bahwa dalam proses bekerja kadang terdapat pilihan-pilihan yang jika benar memilihnya maka akan didapat sejumlah uang dan skill, dan bisa juga mendapatkan promosi atau istilahnya naik jabatan. Namun sebaliknya, jika salah dalam memilih bisa terjadi penurunan jabatan dan skill atau ganti rugi uang. Pilihan-pilihan tersebut muncul sewaktu-waktu dan tidak bisa diprediksi, sebenarnya terdapat pilihan untuk ignore atau diabaikan, tapi alangkah lumayannya jika pilihan tersebut benar, jadi saran saya ketika orang yang mainkan telah berangkat kerja segera saja disave, ini bertujuan jika pilihan kita salah kita masih bisa kembali ke game dengan tidak menyimpan sesi tersebut, cari aman aja deh :P


The Sims 2
Bermain tanpa cheating itu sangat asyik dan memiliki poin plus tersendiri karena kita bermain secara fair dan sportif. Rasanya puas banget ketika memiliki uang dari hasil kerja keringat sendiri. Bagi yang udah tau game ini dan akhirnya jadi tau skill-skill apa yang dibutuhkan dalam tiap profesi ya monggo silakan dicoba, dan bagi yang belum pernah tau gimana, jadi berminat nyoba main game ini? Cari kasetnya di toko terdekat, googling di dunia maya, atau minta teman aja (kalo ada). Oke sekian dulu ulasan saya kali ini, salam! ;)

0 komentar:

Posting Komentar