The Most Favorite Japanese Film, Anime, and Dorama

Kali ini akan diulas mengenai beberapa film, anime, dan dorama jepang favorit versi saya. Semua yang ada di list dianjurkan untuk ditonton, istilahnya: "Most Recommended!!" Oke daripada kelamaan langsung aja ke TKP


1.   BLOODY MONDAY


Waktu pertaama kali nonton bagian awalnya aja udah interest banget, soalnya keren banget, dari musik, pemeran, motion ngambil gambarnya. Dan setelah tahu itu film tentang hacker dan dunia komputer saya langsung suka, dan makin penasaran menonton episode-episode selanjutnya. Dorama ini terdapat 2 season, dimana season pertama terdiri dari 11 episode dan season 2 sebanyak 9 episode. Alur ceritanya bagus, tak terduga dan mengagetkan. Dengan menonton dorama ini kita bisa menambah pengetahuan tentang teknologi, keamanan negara, juga tentang persahabatan dan termasuk juga kekeluargaan. This is the best dorama ever! (#1 Most Recommended!)


2.   NODAME CANTABILE


Dorama ini memiliki background musik klasik, dan segala yang berbau-bau orkestra. Dari dorama ini kita bisa banyak belajar mengenai musik klasik dari komposer-komposer terkenal. Dan juga bagaiama kegiatan dan sepak terjang para musisi dalam sebuah orkestra. Dorama ini terdiri dari 2 season, yang pertama setting tempatnya di jepang, ada 11 episode. Dan ada season yang setting tempatnya di Paris, Perancis! Kebayang kan bagaimana jika setting tempat diambil di kota romantis, apalagi mengenai orkestra. Sebagaimana kita tahu kalau dunia musik klasik lahir dan berkembang di dunia Eropa. Pokoknya dorama ini "all about music!". (#5 Most Recommended!)

3.   CHIBI MARUKO CHAN LIVE ACTION


Udah ga asing lagi tentunya dengan yang namanya Chibi Maruko Chan. Ya, dulu kartun favorit saya semasa kecil. Ternyata saya baru tahu akhir-akhir ini kalau Chibi Maruko Chan ada versi hidup/live-nya. Wah waktu habis dapet film ini dari temen langsung capcus nonton. Dan emang asli, bagus banget. Ada konyolnya (seperti biasa) dan ada yang mengharukannya juga. Super deh! Dengan nonton film ini kita bisa dapet banyak pesan moral, apalagi buat orangtua-orangtua yang punya anak seumuran Maruko. Film ini ada 2 seri.  (#2 Most Recommended!)




4.   ITAZURA NA KISS ANIME SERIES

Anime ini menurut saya adalah anime ter-romantis yang pernah saya tonton. Ceritanya tentang 2 orang dengan background personalitas yang jauh berbeda tapi bisa menjadi pasangan. Banyak rintangan yang menghadang hubungan mereka tapi itu tak membuat hubungan mereka merenggang. Anime ini terdiri dari 25 episode.  (#10 Most Recommended!)











5.  CROWS ZERO I AND II


Wow, film berseri 4 ini 'cowok' banget! Film tentang dunia cowok yang penuh perkelahian. Tetapi perkelahian tersebut bukan sekedar kelahi tanpa arti, namun mereka berkelahi karena harga diri  baik itu untuk gang, sekolah dan juga persahabatan. Inilah yang membuat saya menyukai film ini. Dan karakter Shun Oguri yang main disini juga sangat bagus, karakternya 'hidup' olehnya. Menurut saya pihak yang meng-casting sangat sukses dalam memilih tokoh utama Genji pada Shun Oguri. Di seri ke 3 dan 4 tokoh utama bukan lagi orang yang sama, ini yang menyebabkan saya tidak terima dan akhirnya tidak saya masukkan dalam list.  (#6 Most Recommended!)









6.  GODHAND TERU


Dorama ini memiliki background kedokteran, khususnya dokter spesialis bedah. Jadi jangan kaget kalau banyak bahasa-bahasa yang tidak bisa dipahami (bahasa dunia kedoktera,red). Dorama ini hanya terdiri dari 8 episode. Bercerita tentang anak dokter spesialis bedah jepang terkenal. Karena sebuah momen suatu hari, tangan sang anak memiliki kemampuan khusus dalam menangani operasi bedah, namun hal teresbut disadarinya ketika ia sedang mengatasi pasien dalam keadaan gawat dan emergency. Ketika "Godhand" mulai bekerja seakan-akan ia melayang diluar angkasa dan dengan mudah dapat memecahkan masalah dalam operasi bedah yang sedang dilakukannya. Disini para penonton diajak untuk berpikir kritis ketika menonton dorama ini. Bagaimana langkah-langkah seorang dokter bedah didalam ruang UGD yang sedang menangani pasien yang terluka parah dan kritis, serta keputusan-keputusan apa yang harus cepat diambil, karena tentu saja nyawa pasien yang jadi taruhannya! (#4 Most Recommended!)


7.  JU ON THE GRUDGE


Film ini termasuk genre film horor. Film ini sebenarnya terdiri dari 3 seri, bahkan ada yang dibuat versi barat, tapi saya paling suka yang versi jepang karena lebih dapet 'feel'nya. Film ini bercerita tentang hantu wanita yang mati dibunuh dan mayatnya di simpan diatap rumah, dan rumah tersebut akhirnya mengandung kutukan karena siapa saja yang menempati rumah itu pasti akan hilang atau mati. Adegan favorit saya yaitu ketika wanita (hantu,red) menuruni menuruni anak tangga dengan posisi tengkurap dan tubuh, wajah penuh darah. What an amazing make up and acting!  (#9 Most Recommended!)










8.   RICH MAN POOR WOMAN


Shun Oguri lagi-lagi berakting bagus dalam memainkan peran, sehingga saya memasukkan dorama ini ke dalam list. Berkebalikan dengan peran sebelumnya di Crows Zero, di dorama ini Shun Oguri berwujud sangat rapi dan profesional, secara pemilik sebuah perusahaan/company tentang IT. Dorama ini terdiri dari 11 episode yang bercerita tentang lika-liku kehidupan seorang pria muda (Oguri,red) yang memiliki perusahaan mandiri yang dikelola bersama dengan teman terdekat dan memiliki inovasi yang sama: 'one innovation'. Seperti judulnya tentu saja aktor utama ini didampingi oleh pemain wanita yang hidupnya berbeda 180 derajat. Namun siapa sangka mereka bisa menjadi pasangan dan mampu melewati suka duka dalam menjalankan perusahaan? :)  (#7 Most Recommended!)









9.  GRAVE OF THE FIREFLIES

Anime ini anime buatan Jepang jaman baheula, diproduksi pada tahun 90an. Berkisah tentang situasi Jepang pada saat perang dunia. Anime ini merupakan anime pertama yang pernah saya tonton yang sangat berkesan, scene-scene anime ini sangat suram dan menyedihkan, bahkan sampai dada ini sesak ketika menontonnya! Dua bersaudara mencoba bertahan di hiruk pikuknya susasana perang. Ending anime ini sangat menyentuh dan juga tragis.  (#8 Most Recommended!)













10.  SCRAP TEACHER



Dorama ini terdiri dari 8 episode saja, berkisah tentang seorang guru baru yang berdedikasi tinggi untuk kemajuan sekolah. Sekolah tersebut ternyata banyak memiliki masalah. Problematikanya mengenai sekolah mulai dari masalah siswa-siswanya, guru, sampai wakil dan kepala sekolah. Untungnya guru pendatang tersebut walaupun agak istilahnya 'grusa-grusu', tapi tekadnya dan keinginannya sangat kuat, yaitu ingin memahami siswa sekaligus untuk membuat sekolah tetap eksis. Untungnya dalam menghadapi segala masalah di sekolah tersebut guru ini dibantu oleh 3 siswa pindahan yang sangat misterius. Dari dorama ini kita bisa banyak belajar dunia pendidikan khususnya sekolah ;)  (#3 Most Recommended!)



Dari film/anime/dorama yang ada tadi terlihat bukan kalau masing-masing memiliki pesan dan pengetahuan khusus akan sesuatu? Jadi tidak melulu tentang cinta, tapi ada pesan moral didalamnya. Sampai saat ini video-video diatas masih saya simpan di laptop. Beginilah yang saya harapkan khususnya kepada dunia perfilman dan sinetron Indonesia, agar bisa membuat tayangan berpengetahuan, mendidik dan bermoral, serta tersimpan pesan positif untuk para penontonnya. Jadi apa yang ditonton bukanlah sekedar tayangan -kosong tanpa makna- belaka. Salam :)

0 komentar:

Posting Komentar